HASIL PENDATAAN ATS KABUPATEN DHARMASRAYA MELEBIHI PERKIRAAN PEMERINTAH PUSAT

HASIL PENDATAAN ATS KABUPATEN DHARMASRAYA MELEBIHI PERKIRAAN PEMERINTAH PUSAT


Dinas Pendidikan melalui Bidang Pembinaan PAUD dan PNF telah melaksanakan tugas pendataan anak usia sekolah yang tidak sekolah ( ATS ) umur 6 -- 21 tahun di Kabupaten Dharmasraya. Tugas pendataan sesuai surat Kemendikbud No.518/CC1.1/PR/2017 tanggal 14 Maret 2017, kepada Bupati /Walikota di seluruh Indonesia yang diturunkan melalui disposisi Sekretaris Daerah No. 906 tanggal 24 Maret 2017.

Pendataan anak usia sekolah tidak sekolah bertujuan untuk mendata anak -- anak yang usia sekolah namun tidak berada dibangku sekolah reguler dan juga tidak berada di lembaga pendidikan non formal seperti, Paket A, Paket B dan Paket C ataupun berada di lembaga kursus dan keterampilan.

Sementara pemerintah sesuai RPJMN 2015 -- 2019 memberikan peluang bagi setiap individu untuk menyelesaikan pendidikannya baik di Pendidikan Formal maupun non formal dan memperoleh PIP sebagai dana penyelesaian pendidikan.

PIP bertujuan untuk :

1. Meningkatkan angka keberlanjutan pendidikan ditandai dengan menurunnya angka putus sekolah

2. Menurunnya kesenjangan partisipasi pendidikan antar kelompok masyarakat ( kaya, miskin, laki-laki, perempuan, perkotaan, pedesaan, serta antar daerah)

3. Meningkatkan kesiapan peserta didik kesetaraan untuk memasuki pasar kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi

Ketua tim pendataan ATS Kabupaten Dharmasraya, Syafaruddin. IB,M.Pd, menyampaikan bahwa dari hasil pendataan ATS Kabupaten Dharmasraya, diperoleh data anak usia sekolah tidak sekolah sebesar 549 orang yang menyebar di 11 kecamatan, ATS hasil pendataan melebihi quota pendataan yang ditargetkan oleh Pemerintah Pusat sebanyak 410 anak.

Tindak lanjut kegiatan ini adalah anak yang sudah terdata di aplikasi ATS akan didaftarkan di sekolah, di PKBM dan LKP terdekat. Kemudian jika sudah terdaftar akan dimasukan datanya ke aplikasi Dapodik PAUD dan Dikmas oleh masing-masing lembaga. Selanjutnya pemerintah pusat akan menggunakan data tersebut untuk menerbitkan KartuIindonesia Pintar.

Kepala Dinas Pendidikan Marius,S.Pd,MM berharap bahwa program ATS ini dapat berjalan dengan baik dan benar agar kualitas SDM Kabupaten Dharmasraya dapat lebih baik kedepannya.